LPPM STIKES Suaka Insan mengadakan Kerjasama dengan Institute Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie untuk Pengelolaan Data Hasil Penelitian dengan SPSS dan Microsoft Excel

Oleh: Maria Frani Ayu Andari Dias

Selasa, 23 Agustus 2022. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIKES Suaka Insan bekerja sama dengan Institute Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie mengadakan seminar untuk pengelolaan data hasil penelitian dengan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dan Microsoft Excel. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari undangan yang dikirimkan oleh Institute Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie pada beberapa waktu yang lalu kepada LPPM STIKES Suaka Insan.

Pengelolaan data hasil penelitian dengan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel merupakan keterampilan vital yang harus dimiliki oleh seorang peneliti. Aplikasi SPSS dan Microsoft Excel merupakan aplikasi pengelolaan data dalam bentuk angka yang paling banyak, dan paling umum digunakan oleh peneliti ilmu sosial dan kesehatan seperti keperawatan dan Fisioterapi. Pemahaman yang cukup tentang pengelolaan data dengan aplikasi SPSS dan Microsoft Excel dapat menunjang kelancaran proses pelaksanaan peneltian terutama untuk jenis penelitian kuantitatif.

Seminar yang dilaksanakan kurang lebih dua jam ini, merupakan bagian dari misi pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Institute Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie kepada beberapa sekolah di Indonesia. STIKES Suaka Insan menjadi salah satu sekolah yang terpilih untuk mendapatkan kesempatan berharga belajar kembali tentang materi SPSS dan Microsoft Excel. Lebih dari 25 orang peserta hadir secara ekslusif untuk mendengarkan pemaparan materi dan diskusi secara daring. Peserta pun nampak antusias untuk mendengarkan dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemateri.

Ir. Tumpal Janji Raja Sitinjak M. M sebagai pembawa materi.

Pembicara atau pemateri yang hadir pada saat itu adalah Bapak Ir. Tumpal Janji Raja Sitinjak M. M dan Bapak Dr. Toni Sitinjak M. M. Bertugas sebagai pembawa acara, Bapak Aulia Rachman, S.Kep.,Ners.,M.Kep, dan Ibu Chrisnawati, BSN.,MSN sebagai penyampai kata pembuka sekaligus membuka kegiatan ini.

Semoga kegiatan ini menjadi sesutau yang bermanfaat bagi para peneliti di STIKES Suaka Insan; dapat membangun atau menyusun iklim riset yang sehat dan berorientasi manfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan. In Ominibus Caritas. [MFA].

Leave a Reply

Your email address will not be published.